fbpx

Ulasan Buku Jack Ma Manusia Triliun Yuan

Ulasan Buku Jack Ma Manusia Triliun Yuan

Ulasan Buku Jack Ma Manusia Triliun Yuan – Pada Artikel ini saya akan kembali membahas Buku bagus, kali ini adalah Buku yang berjudul “Jack Ma – Manusia Triliun Yuan” karya Gisa Naraya. Buku ini setebal kira-kira 199 halaman, diterbitkan oleh Penerbit “Genesis Learning” Yogyakarta, dan bertindak sebagai Distributor adalah “Huta Media” Depok. Buku ini diterbitkan pertama kali pada tahun 2017. ISBN 978-602-6475-28-2.

Sebuah Buku dengan muatan edukasi yang sangat bagus, penuh dengan nilai-nilai positif, sarat motivasi, serta penuh dengan kisah inspiratif yang bersumber dari salah satu orang Terkaya di Asia, Pendiri Konglomerasi Alibaba Group, Jack Ma.

Ulasan Buku Jack Ma Manusia Triliun Yuan
Buku “Jack Ma – Manusia Triliun Yuan” karya Gisa Naraya. (Mohon maaf apabila seandainya foto buku ini sudah kurang bagus, karena bukunya sudah dibaca dan dibolak-balik 🙂 )
Ulasan Buku Jack Ma Manusia Triliun Yuan

Ulasan Buku Jack Ma Manusia Triliun Yuan

Buku ini, sesuai judulnya, tentu saja berkisah tentang sepak terjang salah satu Pengusaha Tersukses abad ini, salah satu orang Terkaya di Asia yang berasal dari Tiongkok, yaitu Jack Ma, yang juga merupakan sang Pendiri dari raksasa E-Commerce dunia, yakni Alibaba Group.

Apabila anda seorang Pebisnis, atau seseorang yang menggemari bidang Bisnis, pastinya anda sudah mengenal tentang Jack Ma, atau setidaknya anda sudah pernah mendengar namanya, karena memang pemberitaan mengenai dirinya, pengajarannya, pidatonya, kisah suksesnya membesarkan Alibaba, atau quote-quote populer yang bersumber dari dirinya, sering sekali menghiasi ruang-ruang Sosial Media kita.

Jack Ma, yang terlahir dengan nama Ma Yun, dilahirkan pada tanggal 10 September 1964. Orang tuanya berprofesi sebagai pingtan performer atau penyanyi opera dalam acara musik bernarasi di Tiongkok, sehingga dengan demikian Ma Yun sama sekali bukan berasal dari keluarga kaya. Ma kecil tumbuh di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Tiongkok, yakni sebuah kota berpenduduk sekitar 2,4 juta jiwa, yang terkenal dengan pemandangan indah, tanah pertanian yang subur, serta lingkungan yang sederhana.

Meski saat ini Jack Ma adalah seorang Taipan / Konglomerat yang sangat Sukses, namun jangan bayangkan bahwa ia memang sudah memiliki kekayaan, privelege atau hak istimewa sejak kecil. Seorang Ma Yun justru bisa dikatakan memiliki banyak sekali hambatan dalam perjalanan hidupnya yang tidak mulus. Dikisahkan bahwa sejak kecil ia tidak pandai dalam hal akademik, bahkan ia pernah tidak lulus ujian sekolah dasar hingga dua kali. Dan saat ia masuk sekolah lanjutan, ia pun gagal lulus ujian hingga tiga kali. Bahkan hingga masuk ke bangku kuliah, ia pun pernah tiga kali ditolak oleh Universitas, sebelum akhirnya menempuh studi di Hangzhou Normal University.

Penolakan demi penolakan selalu mewarnai perjalanan hidupnya, bahkan ketika ia sudah lulus dari Universitas dan kemudian berniat mencari pekerjaan, ia selalu ditolak bahkan oleh lebih dari 30 perusahaan. Salah satu yang paling diingatnya adalah penolakan dari KFC. Jadi pada masa itu perusahaan-perusahaan barat, dan termasuk KFC, mulai merambah Tiongkok, seiring dengan pandangan politik Tiongkok yang juga sudah mulai terbuka terhadap Globalisasi dan dunia barat. Nah saat itu yang melamar di KFC ada 24 orang, dan bahkan yang diterima hingga 23 orang, hanya 1 saja yang ditolak, dan itu adalah dirinya.

Namun memang sejak kecil Ma memiliki ketertarikan terhadap pelajaran Bahasa Inggris. Seiring dengan makin terbukanya Tiongkok terhadap dunia luar, pada masa itu sekitar tahun 80-an, mulai banyak turis asing mengunjungi Tiongkok dan termasuk mendatangi kawasan wisata danau-danau indah yang terletak di desanya, Hangzhou. Kesempatan ini Ma manfaatkan untuk belajar Bahasa Inggris dengan menjadi pemandu wisata gratis bagi turis-turis asing tersebut. Ma hampir setiap hari bersepeda hingga sejauh 40 menit dari rumahnya, untuk menuju ke hotel-hotel tempat wisatawan tersebut menginap, dan mulai menjadi pemandu wisata gratis bagi mereka. Kesempatan ini Ma manfaatkan sebaik mungkin untuk mempelajari Bahasa Inggris. Kelak kemahirannya dalam Bahasa Inggris inilah yang akan membawanya kepada episode selanjutnya dalam hidupnya.

Singkat cerita, setelah lulus kuliah, dan ditolak kerja dimana-mana, Ma kemudian memilih menjadi Guru Bahasa Inggris hingga selama 6 tahun. Karena gajinya yang sangat kecil sebagai Guru Bahasa Inggris, Ma akhirnya memilih resign dan memilih berwirausaha mendirikan perusahaan penerjemahan. Nah pada suatu waktu, di sekitar tahun 1995, perusahaannya ini mendapatkan Job dari Pemerintah China untuk melakukan pendampingan bagi delegasi perdagangan China yang akan melakukan kunjungan Bisnis ke Amerika Serikat.

Nah kunjungannya ke Amerika Serikat inilah yang kelak akan membuka matanya dan mengubah jalan hidupnya secara drastis. Di Amerika inilah dia pertama kali bisa melihat sebuah alat elektronik yang sangat canggih (dan tentu saja sangat mahal pada saat itu) yang bernama Komputer! dan tentu saja Internet!

Ma kemudian mencoba sendiri menggunakan Internet, dia kemudian mencoba melakukan pencarian di search engine atau mesin pencari. Dua kata pertama yang dia ketikkan di search engine adalah kata “Beer” dan “China” , dan betapa terkejutnya ia dengan hasilnya, bahwa ternyata tidak ada sama sekali minuman Bir China sebagai hasilnya, atau apapun yang berhubungan dengan “China” dalam hasil pencariannya tersebut di Internet. Berangkat dari kenyataan inilah, maka sepulangnya dari Amerika, Ma bertekad untuk membangun suatu Website khusus yang dapat memperkenalkan negeri China ke seluruh dunia, dan agar supaya negeri China beserta produk-produknya juga bisa ditemukan dengan mudah di Internet.

Kemudian ada banyak kisah lanjutan dan perjalanan berliku yang harus dilalui oleh Jack Ma, selengkapnya dapat anda baca pada Buku ini. Singkat cerita pada akhirnya Jack Ma dapat membangun perusahaan E-Commerce legendaris ini, Alibaba.

Dalam perjalanannya, Alibaba mencatatkan Sejarah dan Prestasi yang sangat fantastis. Salah satunya pada tanggal 19 September 2014, saat IPO Alibaba memecahkan Rekor Dunia. IPO Alibaba tembus hingga mencapai nilai US$ 25 Miliar! alias sekitar Rp 325 Triliun! Menurut kabar yang beredar, angka tersebut merupakan angka IPO Terbesar sepanjang sejarah keuangan Amerika Serikat. IPO Alibaba ini sudah melampaui IPO Facebook yang pada tahun 2012 menghasilkan US$ 16 Miliar. Dan berkat prestasinya di bursa saham ini, Alibaba ditaksir bernilai US$ 230 Miliar, yang bahkan nilainya tersebut lebih mahal daripada raksasa E-Commerce Amerika Serikat, Amazon.

** Keterangan : IPO adalah singkatan dari Initial Public Offering yang artinya adalah penjualan saham perdana kepada publik / masyarakat umum. Dalam kisah Alibaba ini, IPO nya dilakukan di NYSE (New York Stock Exchange), suatu tempat bursa saham populer di Amerika Serikat.

Oke jadi demikianlah review singkat atau Ulasan Buku Jack Ma Manusia Triliun Yuan, untuk selengkapnya silakan anda bisa membaca buku tersebut. Masih banyak lagi kisah-kisah, data dan fakta menarik lainnya yang dituliskan di dalam Buku tersebut mengenai kiprah seorang Jack Ma dan sepak terjang perusahaannya Alibaba Group. Dan silakan anda juga bisa membaca Review Buku lainnya yang juga tidak kalah menarik :

Review Buku Silicon Valley Mindset; Membangun Ekosistem Startup Digital Indonesia

Dan bagi anda yang berminat untuk mempelajari Digital Marketing dari Nol secara Lengkap dan Komprehensif, silakan anda juga bisa membaca Buku Digital Marketing yang sangat direkomendasikan ini : Buku Digital Marketing Terbaik di Indonesia saat ini.

Dan sebagai tambahan informasi, bagi anda yang membutuhkan Jasa Trainer untuk berbagai keperluan seperti Seminar, Workshop, Inhouse Training, Live Webinar, hingga Private Coaching, silakan anda bisa menghubungi : Pembicara Internet Marketing

You May Also Like

WhatsApp chat

Yuk Daftar FREE MEMBER !

GRATIS Tutorial Digital Marketing hingga 2 Tahun dan Grup Telegram Seumur Hidup!

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Andreas Agung will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.