fbpx

Review Buku Silicon Valley Mindset Membangun Ekosistem Startup Digital Indonesia

Review Buku Silicon Valley Mindset Membangun Ekosistem Startup Digital Indonesia

Review Buku Silicon Valley Mindset Membangun Ekosistem Startup Digital Indonesia – Pada Artikel ini, saya kembali mengulas suatu Buku bagus, kali ini adalah suatu Buku yang berjudul “Silicon Valley Mindset : Membangun Ekosistem Startup Digital Indonesia” karya Indra Utoyo.

Indra Utoyo adalah salah seorang Direktur di Telkom Indonesia, beliau telah menjabat sebagai Direktur sejak tahun 2007. Beliau memulai karirnya di Telkom sejak tahun 1986 dan kemudian banyak terlibat aktif di berbagai pengembangan portofolio Digital Business bagi Telkom Indonesia.

Buku “Silicon Valley Mindset” ini adalah salah satu Buku karya Indra Utoyo. Buku ini setebal kurang lebih 275 halaman, dan diterbitkan pertama kali oleh PT GPU (Gramedia Pustaka Utama) pada tahun 2016. ISBN : 978-602-03-3659-6.

Buku Silicon Valley Mindset Karya Indra Utoyo
Buku Silicon Valley Mindset Karya Indra Utoyo. Mohon maaf apabila foto bukunya ini sudah kurang bagus, karena bukunya sudah sering dibaca dan dibolak-balik 🙂
Review Buku Silicon Valley Mindset Membangun Ekosistem Startup Digital Indonesia

Buku ini adalah Buku bagus yang akan memberikan anda banyak sekali wawasan, pengetahuan serta insight penting mengenai dunia Bisnis Digital, dalam hal ini adalah dunia Bisnis Rintisan Digital atau Startup.

Silicon Valley sendiri adalah nama suatu tempat yang sangat populer dalam dunia Bisnis Digital, yang berlokasi di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Silicon Valley adalah sebuah Ekosistem Digital, yang menjadi markas, kantor pusat, atau rumah dari berbagai perusahaan Teknologi kelas dunia, seperti misalnya Google, Facebook, Apple, dan masih banyak lagi lainnya.

Buku ini sendiri diberi judul “Silicon Valley Mindset” karena didasari dari pemikiran dan pembelajaran yang didapatkan Penulisnya dari Silicon Valley sejak tahun 2012, yaitu pada saat tim mereka sedang mempelajari tentang pengembangan Startup disana. Dan pada akhirnya menurut penulis bahwa, “Silicon Valley is a mindset, not a location”. Dalam arti bahwa Silicon Valley bukan selalu menjadi tempat dari lahirnya berbagai ide-ide brilian, akan tetapi disana ide-ide tersebut bisa ditumbuhkan menjadi lebih cepat dan lebih cerdas. Dan terutama karena pengaruh Silicon Valley yang memang sangat luar biasa bagi perkembangan bidang Startup Digital di seluruh dunia.

Di dalam Buku ini, pada bagian awal, terlebih dahulu dijelaskan mengenai berbagai Era dalam kehidupan manusia. Antara lain :

Pada abad ke 18 (pada rentang tahun sekitar 1701-1800 M), inilah yang disebut sebagai Era Pertanian atau AGRICULTURAL AGE. Pada masa itu, penggerak perkonomian yang utama adalah sektor Pertanian. Bahkan negara2 besar seperti Inggris tentunya juga masih menggantungkan perekonomiannya pada sektor Pertanian. Suatu masa yg Kuno tanpa Teknologi dan Globalisasi, dengan para Petani dan bantuan Hewan2 sebagai aktor utamanya dalam kegiatan perekonomian.

Situasi kemudian berubah drastis ketika memasuki abad ke 19, yang kemudian kita kenal sebagai Era Industri atau INDUSTRIAL AGE. Nah dimasa inilah mulai hadir penemuan2 Teknologi, antara lain mesin tenaga uap, rel kereta, hingga pembangkit tenaga listrik. Di abad ke 19 inilah wajah dunia sudah mulai berubah, yang mana produktivitas ekonomi bisa melaju jauh lebih cepat seiring dengan kehadiran Teknologi tersebut. Pada era ini, aktor utamanya adalah mesin-mesin dan para pekerja pabrik / pekerja industri dalam jumlah yang sangat banyak.

Nah kemudian, ratusan tahun berlalu, dan kita pernah mengalami abad 20. Abad 20 inilah yang disebut sebagai Era Informasi atau INFORMATION AGE. Era ini juga dikenal sebagai Era Komputerisasi atau Era Media Baru. Di era inilah ditemukan Komputer, yang mana aktivitas perekonomian, yang sebelumnya digerakkan oleh Industri, kemudian mengalami perubahan dan menjadi digerakkan oleh Komputer. Manusia di Era ini sudah berkerja berdasarkan Skill ataupun Keahlian mereka, dan Keahlian tersebut kemudian menjadi semacam Simbol Kesuksesan di mata masyarakat, seperti misalnya profesi Dokter, Akuntan, Pengacara, Enginer, Programmer, dsb. Intinya pada era ini dikenal jenis-jenis profesi yang mengandalkan Otak dan Keahlian, atau istilahnya adalah Knowledge Worker. Kegiatan perekonomian bukan lagi bertumpu pada petani atau hewan2, atau para pekerja pabrik secara massal, namun pada era ini terlahir para Knowledge Worker sebagai simbol kesuksesan dalam masyarakat.

Nah kemudian, dunia berubah lagi secara drastis, kita saat ini hidup di abad ke 21, inilah yang disebut sebagai Era Konseptual atau CONCEPTUAL AGE. Era Konseptual ini pada akhirnya dapat terlahir dikarenakan terjadinya perkembangan Teknologi Informasi yg sangat signifikan dan terjadinya Globalisasi secara masif. Di era konseptual ini, ekonomi tidak lagi semata digerakkan oleh modal, energi, atau tenaga kerja massal, akan tetapi Ekonomi tergerak karena adanya Konsep, Ide, Gagasan, Kreativitas dan Inovasi. Salah satu pelopornya misalnya Apple Inc yg membuat industri konten dan aplikasi yang menjadi begitu marak.

Suatu Industri yang berbasiskan Ide, Gagasan, Kreativitas dan Inovasi, inilah yang disebut sebagai INDUSTRI KREATIF. Industri Kreatif inilah yang menjadi ciri khas utama Era Konseptual. Kemudian kita hidup di jaman yang menjadi lumrah dengan hadirnya profesi2 seperti Youtuber, Blogger, Content Creator, Digital Marketer, Apps Developer, Game Developer, dan lain sebagainya. Suatu Industri yang memang muncul dari Ide, Gagasan, Kreativitas, serta Inovasi, yang kemudian melahirkan semaraknya Konten.

Dan lain-lain, ada banyak sekali pengetahuan serta insight positif yang dituliskan dalam Buku ini. Apabila anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, silakan anda bisa membaca Buku “Silicon Valley Mindset” hingga tuntas.

Oke jadi demikianlah ulasan singkat atau Review Buku Silicon Valley Mindset Membangun Ekosistem Startup Digital Indonesia. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda sekalian. Anda juga bisa membaca Review Buku bagus lainnya, diantaranya :

Dan bagi anda yang ingin mempelajari Digital Marketing secara lengkap dan komprehensif, jangan lupa juga untuk membaca ini : Buku Digital Marketing Terbaik di Indonesia. Anda akan mendapatkan Strategi lengkap dan fundamental mengenai dunia Digital Marketing. Oke sampai jumpa di Artikel-Artikel berikutnya.

You May Also Like

WhatsApp chat

Yuk Daftar FREE MEMBER !

GRATIS Tutorial Digital Marketing hingga 2 Tahun dan Grup Telegram Seumur Hidup!

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Andreas Agung will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.