SEM / GOOGLE ADS

Cara Mudah Riset Kata Kunci dengan Keyword Planner pada Google Ads

Cara Mudah Riset Kata Kunci dengan Keyword Planner pada Google Ads. Halo semua, berjumpa kembali dalam andreasagung.com. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang suatu hal yang sangat penting bagi kita dalam rangka untuk menjalankan Google Ads, dan itu adalah Riset Kata Kunci atau Keyword Research, atau dengan mudah kita biasanya menyebutnya sebagai riset keyword.

Riset keywordnya ini, kita tinggal menggunakan tools bawaan dari si Google Ads sendiri, namanya adalah Keyword Planner. Dan bukan hanya sekedar melakukan riset keyword ya, namun kita juga akan langsung mengelompokkannya ke dalam Ad Group, sehingga nanti keyword-keyword tersebut sudah siap untuk kita gunakan dalam beriklan.

Silakan tonton video berikut ini sampai selesai:

Sebelumnya, saya akan selalu mengingatkan bahwa, topik Google Ads ini merupakan suatu serial artikel, jadi bacalah secara berurutan, dari awal dulu, melalui menu Playlist. Silakan Anda ke menu Playlist SEM, dan simak artikel-artikelnya tentang Google Ads ini secara berurutan dan sampai habis, karena saling bersambung.  

Jadi bagaimana caranya melakukan riset keyword, yang sangat penting untuk kita lakukan, sebelum kita memasang iklan kita di Google ? Simak berikut ini.

Oke kita langsung saja ya. Sebelumnya Anda perlu mengetahui dulu ya beberapa pondasi penting sehubungan dengan riset keyword ini.

Yang pertama, tentunya keyword yang Anda bidik itu harus sesuai dengan bisnis Anda ya. Ini sudah pasti ya. Misal Anda berjualan di bidang otomotif, tentunya keyword yang Anda bidik adalah keyword-keyword yang sesuai dengan bidang otomotif. Misal : “jual spare part mobil” atau “jual spare part motor”, seperti itu, tentunya sesuai dengan niche atau bidang bisnis Anda masing-masing.

Lalu yang kedua, pastikan keyword yang Anda bidik itu ada pencarinya. Jadi nanti si tools keyword planner yang akan kita gunakan, akan menampilkan jumlah pencarian dari keyword-keyword yang kita bidik.  Jadi Anda jangan mengarang kata-kata sendiri. Baca artikel menarik sebelumnya: Cara Meningkatkan Nilai Skor Kualitas (Quality Score) pada Iklan Google Ads

Karena kalau Anda menggunakan keyword yang tidak ada pencarinya, atau Anda tidak melakukan proses riset keyword ini, maka iklan Anda ya tidak akan ada yang melihat, tidak akan ada yang mengklik. Ya karena keyword yang Anda gunakan tersebut tidak ada pencarinya.

Jadi pastikan Anda menggunakan keyword yang ada pencarinya. Jangan mengarang kata-kata sendiri. Tinggal ikuti saja berbagai kata kunci yang direkomendasikan oleh si tools.

Cara Mudah Riset Kata Kunci dengan Keyword Planner pada Google Ads

Cara Mudah Riset Kata Kunci dengan Keyword Planner pada Google Ads

Lalu yang ketiga, untuk iklan di Google Ads, langsung saja Anda gunakan Buying Keyword. Buying Keyword adalah kata kunci yang sering digunakan oleh orang-orang yang ingin langsung melakukan pembelian. Yakni yang mengandung kata : Jual, Beli, Agen, Distributor, Jasa, dsb.

Contoh, silakan kita tinggal berkaca saja pada diri kita masing-masing, ketika kita ingin melakukan pembelian, lalu kita mencari di Google, apa kata-kata yang kita ketik di Google ?

Misalnya, kita ingin pindah rumah, ingin dibantu, karena kita tidak mampu kalau pindahan sendiri. Tapi kan kita tidak tahu, siapa yang bisa membantu kita. Ya kita tinggal cari saja di Google. Lalu kita tinggal ketik “Jasa pindah rumah”. Nah itulah buying keyword. Karena kita memang ingin langsung mendapatkan solusi atas permasalahan kita. Kita siap beli. Karena itu kita langsung mencarinya dengan buying keyword, yakni dengan kata “jasa” tadi, seperti itu.

Contoh yang lain, misalnya Anda sedang butuh rumah, Anda sedang mencari rumah, tapi yang minimalis saja misalnya, dengan harga yang terjangkau, di daerah Jakarta barat misalnya. Lalu Anda kan tinggal cari saja di Google, Anda ketiknya “jual rumah murah di Jakarta barat”. Nah itulah buying keyword. Dalam contoh ini menggunakan kata “jual”, untuk mencari siapapun yang menjual rumah murah di Jakarta barat. Seperti itu.

Jadi begitu ya. Kalau Anda beriklan di Google Ads, langsung saja Anda gunakan tipe buying keyword ya. Supaya orang-orang yang siap membeli, bisa langsung menemukan bisnis Anda.

Oke jadi ini ya, beberapa pondasi dasarnya mengenai bagaimana seharusnya Anda menggunakan keyword di Google Ads. Untuk informasi selengkapnya, bisa kunjungi: Mentor Digital Marketing.

Kemudian kita langsung praktekkan ya. Silakan Anda masuk ke akun Google Ads Anda ini. Dan pastikan sudah dalam bahasa inggris US ya, jadi kita dalam istilah-istilah yang sama. Bagaimana men setup akun Google Ads ini, silakan simak di artikel-artikel sebelumnya.

Demikian artikel ini kami buat, untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silakan simak video yang kami lampirkan diatas sampai selesai. Tentunya masih banyak lagi berbagai ilmu bisnis yang bisa anda dapatkan, baik dalam bentuk artikel maupun video yang kami lampirkan di Andreas Agung TV. Cara Mudah Riset Kata Kunci dengan Keyword Planner pada Google Ads.

error: Content is protected !!