BISNIS ONLINE

Dropship Tanpa Modal Adalah? Belajar Bisnis Dropship Untuk Pemula

Dropship Tanpa Modal Adalah? Belajar Bisnis Dropship Untuk Pemula. Bisa anda simak video ini hingga selesai:

Silahkan di tonton video diatas:

Halo semuanya, berjumpa kembali dalam andreasagung.com. Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya, jadi kita masih membahas tentang peluang bisnis tanpa modal, di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang affiliate marketing. Jadi meski kita penuh keterbatasan bermodal minim, namun kita sudah bisa untuk langsung berjualan online dan menghasilkan income dari sana. Silahkan bagi anda yang belum mengetahui apa itu Affiliate Marketing bisa menyimak di artikel sebelumnya: Cara Mudah Daftar Tokopedia Affiliate, Pasti Langsung Diterima.

Pada di artikel ini, saya akan bahas satu lagi peluang bisnis tanpa modal selain affiliate marketing yaitu suatu bisnis yang bernama dropship. Jadi sebetulnya kalau yang namanya bisnis, pastinya membutuhkan modal. Bisnis apapun pastinya membutuhkan modal, hanya saja modalnya ini ada yang besar dan ada yang kecil. Kalau bisnis online seperti affiliate marketing dan dropship, yang akan kita bahas sekarang ini itu relatif sangat minim modalnya. Bila dibandingkan dengan bisnis konvensional. Untuk menjalankan bisnis online seperti affiliate atau dropship, setidaknya anda hanya membutuhkan gadget yang laptop handphone kuota internet, sehingga membutuhkan modal yang minim bila dibandingkan dengan bisnis konvensional, yang mana anda harus beli dulu produknya harus menyetok dulu produknya, sehingga dengan begitu anda mesti mengeluarkan dana lebih lagi.

Selain itu, anda mesti punya tempat khusus untuk berjualannya, mesti sewa ruko punya gudang dan semacamnya. Anda juga mesti memproduksi produknya dulu belum lagi membeli etalase, meja, kursi, serta asset-aset fisik lainnya dan sebagainya, yang mana hal-hal tersebut tidak diperlukan bila anda menjalankan affiliate atau dropship. Karena modalnya yang sangat minim, itulah dengan resiko bisnis yang otomatis sangat rendah juga, karena tidak harus menyetok produk dan tidak perlu tempat khusus dan lain-lain, jadi sekarang kita langsung bahas.

Jadi dropship seperti halnya affiliate marketing, pada dasarnya adalah anda bertindak sebagai perantara saja alias menjadi makelar. Jadi anda tinggal menjualkan saja produk pihak lain, atau vendor tertentu. Para praktisinya dalam bidang dropship ini disebut sebagai dropshipper. untuk lebih jelasnya mengenai dropship, Mari kita simak skema berikut. Jadi inilah skema bisnis dropship itu, silakan anda melihatnya berdasarkan nomor urutnya.

Sebagai dropshipper, anda bertindak sebagai seorang perantara, jadi ketika anda konsumen yang membeli produk kepada anda, maka tinggal membelinya ke si supplier anda, lalu kemudian si supplier anda ini yang akan langsung mengirimkan produk tersebut ke alamat si konsumen anda. Namun menggunakan nama anda atau nama toko online anda ya, sebagai nama pengirimnya. Jadi dengan sistem seperti ini, memungkinkan anda untuk bisa langsung berjualan online, meski anda tidak punya produk, meski anda tidak punya tempat khusus, karena kalau anda mendapatkan orderan yang anda tinggal orderkan saja, kasih supplier nanti supplier yang akan langsung mengirimkan barangnya ke konsumen anda, dengan begini anda juga tidak perlu stok produk, karena produk-produknya itu adanya di toko atau gudangnya si supplier.

Dropshipper ini sebetulnya adalah reseller juga, anda tinggal menjualkan kembali, namun tanpa stok produk dan anda juga jadinya tidak perlu packing packing barang, atau kirim-kirim barang. Karena packing barang dan pengiriman barang, dikerjakan semuanya oleh supplier. Jadi tugas anda sebagai dropshipper adalah memasarkan saja, dan berjualannya pun di internet secara online. Sehingga anda tidak butuh tempat khusus, juga anda tidak perlu sewa ruko gudang dan sebagainya. Anda bisa berjualan online dari kamar anda saja. Pembayaran yang terjadi adalah melalui transfer bank, jadi si konsumen mentransfer pembayarannya kepada anda, lalu anda memberikan produknya itu ke supplier. Anda tinggal transfer pembayaran anda ke si supplier, tentunya harga yang anda berikan ke si konsumen sudah ada naikkan harga tersebut sebagai margin keuntungan anda.

Biasanya dinaikkan dalam rentang 20-30 persen sebagai profit anda, jadi misalnya harga produk dari supplier Rp100.000 Anda bisa naikkan 30% misalnya, jadi anda menjualnya ke konsumen sebesar 130.000 dan yang 30.000 itulah sebagai keuntungan anda. Jika ada ongkos kirimnya bagaimana? ongkos kirim itu selalu dibebankan kepada pembeli, misalnya ada ongkos kirimnya misal ongkirnya itu Rp10.000, jadi suplayer akan memberi harga total ke anda Rp100.000 ditambah ongkir 10.000 tadi menjadi total 110.000, maka anda bisa menjualnya ke konsumen sebesar 130.000, ditambah ongkirnya tadi Rp10.000 yang mana ongkir itu memang dibebankan kepada konsumen. Jadi anda menjualnya total 140.000. Dan nanti si konsumen transfernya sebesar Rp 140.000 ke anda, dan anda transfernya sebesar 110.000 ke supplier ,ada Margin yang 30.000 tersebut itulah keuntungan anda.

Tentunya untuk anda bisa menjalankan bisnis dropship ini, yang paling penting adalah anda memiliki supplier nya dulu, sehingga kemudian anda bisa langsung berjualan online. Ada dua cara untuk anda bisa mendapatkan supplier, sehingga anda bisa menjadi orang yang pertama adalah secara offline, atau secara tatap muka langsung. Anda bisa mendapatkan supplier dengan cara langsung mengunjungi pusat-pusat grosir di kota anda. Di setiap kota pasti ada pusat – pusat grosirnya, atau pasar – pasarnya atau pusat-pusat pertokoan nya, misal kalau di Jakarta anda bisa mengunjungi Tanah Abang, Mangga Dua, ITC Roxy Jatinegara, dan lain-lain.

Dropship Tanpa Modal Adalah? Belajar Bisnis Dropship Untuk Pemula

Dropship Tanpa Modal Adalah Belajar Bisnis Dropship Untuk Pemula

Anda lakukan observasi dan kunjungi toko-toko disana yang anda minati, yang mana biasanya mereka adalah produsen atau importir langsung. Lalu anda nyatakan minat anda untuk menjadi dropshipper atau riseller, namun tanpa stock barang. Biasanya para tokoh-tokoh tersebut, justru senang bila ada yang ingin ikutan menjualkan, atau menjadi reseller atau dropshipper mereka, ini ibaratnya mereka jadi memiliki cabang uang lainnya yang akan turut serta membuat laku produk mereka.

Sama seperti pengalaman saya sendiri, jadi di sekitar tahun 2012 saat saya pertama kali terjun di bisnis online yang saya jalankan, seperti dropship ini. Saya menjual fashion secara online, jadi saya mengunjungi Tanah Abang untuk mencari suplayernya. Saya observasi dan datangi beberapa toko yang saya minati, lalu saya ajukan diri untuk ikutan menjualkan dengan sistem dropship, mereka setuju dan malah senang. Modalnya hanya handphone, saya foto produk-produk di toko tersebut, lalu rutin saya posting di Facebook. Pada saat itu banyak teman-teman di Facebook yang tertarik, dan mengorder ke saya pada saat itu masih tren Chattingnya menggunakan BBM atau BlackBerry Messenger.

Kemudian setelah saya mendapatkan orderan via BBM itu, yang kemudian tinggal saya orderkan ke si toko di Tanah Abang tersebut, lalu toko Tanah Abang yang kirim langsung produknya ke konsumen, saya pakai nama saya sebagai pengiringnya. Di beberapa toko, pada saat itu mereka sudah support dengan memberikan katalog, atau foto-foto produk mereka yang diambil secara bagus, jadi kalau ada yang berminat menjadi dropshipper atau re-seller, mereka tinggal berikan saja katalog atau foto-foto produk mereka itu, agar bisa dipromosikan dan  disebarkan ke berbagai sosial media dropshippernya.

Dari bisnis dropship inilah, saya bisa menghasilkan income pertama kalinya dari dunia online. Jadi itu ya cara pertama untuk mendapatkan suppliernya, yaitu secara offline alias dengan melakukan observasi secara langsung, dengan mengunjungi pusat-pusat pertokoan atau mengunjungi para pemilik bisnis. Dan sekarang cara yang kedua, yang sebetulnya lebih praktis lagi, yaitu secara online. Jadi anda tinggal duduk di depan laptop, tinggal melakukan riset dan penelusuran, dan anda sudah bisa untuk mendapatkan supplier.

Apalagi di zaman sekarang, jauh lebih mudah untuk menjalankan dropship, karena sekarang ini justru semakin banyak perusahaan yang semakin paham dengan dunia online, sehingga dalam rangka untuk memperluas pemasaran mereka saat ini, sudah terbuka untuk reseller online baik dropshipper ataupun affiliate. Kondisi ini berbeda dengan 10-an tahun yang lalu, misalnya di tahun 2012 tadi yang mana masih jarang sekali yang membuka pemasarannya, untuk reseller di dunia online.

Kita akan praktekkan ya, mudah sekali Bagaimana anda bisa mencari supplier secara online. Silahkan anda tinggal buka browser di laptop, dalam hal ini saya menggunakan Google Chrome. Bagaimana cara mencari supplier secara online, anda tinggal search saja menggunakan Google saja. Tinggal Googling, langsung nanti anda akan menemukan banyak perusahaan, atau supplier supplier yang membuka pemasarannya dengan dropship. Anda bisa Googling dengan kata kunci supplier dropship, lalu tekan enter.

Anda akan temukan daftar supplier – supplier untuk dropship, silahkan bisa anda pelajari.  Silakan lakukan riset, setelah anda cari kemudian anda baca dengan seksama masing-masing supplier yang anda temukan. Anda lakukan riset lanjutan dengan mengunjungi website resmi masing-masing supplier, bisa anda pelajari dengan detailnya. Kalau misalnya ada yang mau ditanyakan, bisa kontak juga ke CS mereka via chatting telepon atau email yang disediakan, atau kalau misalnya supplier tersebut satu kota dengan anda, dan memungkinkan untuk anda kunjungi langsung silakan saja. Anda bisa kunjungi dengan lihat kantornya, anda bisa lihat produknya, dan sekalian anda kenalan untuk jalin komunikasi serta hubungan baik.

Kalau memang dirasa supplier tersebut cocok dengan anda, mulai dari produk yang dijual juga anda rasa cocok silakan anda bisa mendaftar, untuk menjadi dropshipper mereka.Dengan begitu maka anda bisa punya supplier, punya produk untuk dijual, dan bisa langsung untuk berjualan online, tanpa anda harus bermodal besar dulu, dan tanpa harus menyetok produknya, tanpa harus punya ruko fisik dulu dan sebagainya. Untuk lebih lengkapnya lagi, silahkan anda menyimak video yang kami lampirkan diatas.

Jadi demikianlah artikel ini yang berjudul: Dropship Tanpa Modal Adalah? Belajar Bisnis Dropship Untuk Pemula, kami buat mengenai bisnis dropship, dengan tujuan untuk membantu banyak pihak. Agar bisa terus mengupdate skill anda terkait dengan teknik pemasaran digital, jangan lupa terus mengikuti artikel kami berikutnya.

Silakan bagi anda yang membutuhkan pengajaran langsung oleh seorang Digital Marketer, khususnya sebagai: Trainer Internet Marketing, Private Internet Marketing, serta Pembicara Internet Marketing, silahkan anda menghubungi Pakar Digital Marketing ke nomor WA: 0813 8154 6943 (admin).

error: Content is protected !!