fbpx

Perbedaan Dropship dan Affiliate Marketing, Berikut Ini Penjelasannya!

Perbedaan Dropship dan Affiliate Marketing, Berikut Ini Penjelasannya!  Sebelumnya, anda bisa menyimak video dibawah ini sampai selesai:

Bisa anda simak video diatas hingga selesai.

Halo semuanya, berjumpa kembali dalam andreasagung.com. Seperti yang sudah anda simak pada artikel sebelumnya, mengenai Affiliate Marketing maupun Dropship sebagai peluang bisnis di internet, yang sangat cocok bagi mereka yang memiliki banyak keterbatasan, baik kendala modal maupun tempat. Bagi anda yang belum membaca artikel kami yang berjudul: Dropship Tanpa Modal Adalah? Belajar Bisnis Dropship Untuk Pemula, silahkan anda membacanya terlebih dulu sebelum masuk ke materi selanjutnya.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang perbedaannya antara affiliate marketing dengan dropship. Karena banyak juga pertanyaan mengenai affiliate marketing dan dropship, dimana keduanya sama-sama bertindak sebagai perantara saja, yang mana nantinya kita tinggal menjualkan kembali produk tersebut ke pihak lain, tanpa harus stok barang. Jadi ada beberapa perbedaan yang mendasar, antara affiliate marketing dengan dropship. Apa sajakah itu?? Silahkan di simak berikut ini.

Ada beberapa perbedaan mendasar antara affiliate marketing dengan dropship. Yang pertama dalam affiliate marketing si vendor atau si supplier atau si pemilik produknya, memberikan link website khusus yang biasa disebut sebagai link affiliate, bagi para agennya. Kemudian para agennya tersebut tinggal menyebarkan link affiliate, diberbagai platform digital dalam rangka untuk ikut serta memasarkan produknya si vendor tersebut.

Oh ya, bagi anda yang belum tahu apa itu Link Affiliate, silahkan anda bisa menyimak terlebih dulu pada artikel kami sebelumnya, tentang apa itu affiliate marketing. Jadi kalau dalam affiliate marketing menggunakan link website khusus dari si vendornya, yakni link affiliate tersebut, namun kalau dalam dropship tidak ada link khusus yang diberikan dari vendor kepada para dropshipper. Jadi itu perbedaan yang pertama.

Lalu perbedaan yang kedua adalah, bisnis dropship itu hanya berlaku untuk menjual produk fisik saja, yang bisa dikirimkan kepada konsumen kita. Jadi sistem bisnis dropship ini tidak untuk berjualan jasa atau produk produk non fisik, seperti yang sudah anda ketahui bahwa bisnis dropship itu, memang kita bertindak sebagai perantara saja. Namun hanya untuk berjualan produk-produk fisik, karena nanti supplier kitalah yang akan mengirimkan produk fisik tersebut sampai ke alamat konsumen kita. Jadi ada kegiatan pengiriman barang fisik disana. Oleh karena itulah, dalam sistem dropship ini tidak untuk berjualan jasa atau produk produk non fisik.

Kalau dalam affiliate marketing bisa untuk berjualan produk fisik, maupun berjualan jasa atau produk non fisik dalam affiliate marketing, yang intinya kita tinggal menyebarkan link affiliate kita, diberbagai platform digital. Jadi dalam affiliate marketing, apa yang kita pasarkan itu bisa berupa produk fisik maupun nonfisik, atau suatu jasa tertentu misalnya kita bisa memasarkan berbagai produk fisik, seperti: laptop, handphone, baju, sepatu dan lain-lain. Ketika misalnya kita menjadi affiliatenya shopee atau marketplace lainnya.

Kita juga bisa untuk menjadi affiliate nya suatu jasa tertentu, tidak harus produk ritel fisik, seperti misal kita ikut memasarkan suatu jasa desain grafis dari sribu.com. Jadi ketika ada orang yang memesan jasa desain grafis, ke seribu.com melalui link affiliate kita, maka kita akan mendapatkan komisi. Atau contoh lain misalnya kita ikut memasarkan suatu seminar kelas online, tempat kursus atau produk-produk digital yang non fisik, misalnya : video tutorial E-book dan semacamnya dari ratakan.com. Jadi kalau ada yang membeli produk-produk digital di ratakan.com tersebut, melalui link affiliate kita, maka kita akan mendapatkan komisi. Jadi kalau affiliate marketing itu bisa untuk memasarkan produk-produk fisik, maupun suatu jasa tertentu atau produk-produk non fisik.

Kemudian perbedaan yang ketiga, adalah di dalam dropship anda akan langsung berhadapan dengan calon konsumen anda, dalam arti ini anda harus bertindak sebagai CS atau customer service, yang mana si Konsumen akan chatting langsung dengan anda. Biasanya si konsumen akan bertanya-tanya langsung kepada anda, karena si konsumen memang memesan barangnya kepada anda, lalu kemudian anda tinggal meneruskan pesanan tersebut kepada sih supplier anda.

Nah karena si konsumen itu memesan barangnya kepada anda, ya tentunya secara otomatis anda akan bertindak sebagai CS, dimana nantinya anda akan kontak-kontakan langsung dengan  konsumen tersebut, dan termasuk anda harus melayani komplain nantinya, kalau misalnya ada komplain dari konsumen tersebut. Intinya dalam dropship, anda akan berhadapan langsung dengan konsumen anda, yang dalam arti bahwa anda harus meladeni para konsumen anda.

Perbedaan Dropship dan Affiliate Marketing, Berikut Ini Penjelasannya!

Perbedaan Dropship dan Affiliate Marketing Berikut Ini Penjelasannya

Dalam affiliate marketing anda bisa lebih Freedom, anda bisa lebih bebas, karena dalam affiliate marketing anda tidak perlu bertindak sebagai CS, juga bisa anda tidak berhadapan langsung dengan konsumen, anda tidak harus meladeni konsumen anda. Karena dalam affiliate marketing, anda tinggal menyebarkan link affiliate anda, misal : Link affiliate nya anda sebar di seluruh artikel di website atau di banner-banner iklan di website anda, atau bisa juga anda sebar juga diseluruh video youtube anda.

Nantinya ketika misalnya, ada pengunjung artikel anda itu yang tertarik, dan dia mengklik link affiliate anda. Maka dia akan akan dibawa masuk langsung ke websitenya sih vendor, langsung ke halaman produknya si vendor. Jadi nantinya pengunjung ini bisa langsung untuk transaksi sendiri di websitenya si vendor, dan tidak perlu harus chating chatingan dulu sama anda, tidak perlu harus tanya-tanya dulu sama anda. Melainkan mereka sendirilah yang mengklik link nya, lalu dia sendiri pula yang belanja, dan dengan sendirinya di websitenya sih vendor tersebut. nantinya anda sebagai affiliate akan mendapatkan komisinya dari vendor.

Jadi memang seperti ini yang lazim terjadi dalam dunia affiliate marketing, dimana nantinya para affiliate marketer ini tidak tahu, siapa para pembelinya. Karena mereka tidak kontak-kontakan dulu sebelumnya, tidak kenal, hingga tiba-tiba dapat komisinya dari vendor. Karena para pengunjung yang datang ini, baik ke artikel website atau ke Youtube atau dari manapun mereka kapanpun pembeli, marketer juga tidak kenal, lalu si pengunjung ini yang mengklik link affiliate, maka dengan sendirinya dia langsung bertransaksi dengan sendirinya pula, di websitenya sih vendor tersebut. Nantinya affiliate marketer ini tidak meladeni pengunjung affiliate marketer ini, tidak berhadapan langsung, serta tidak kontak-kontakan dengan para pengunjung calon pembelinya.

Inilah perbedaannya dengan dropship, jadi saya rangkum kembali.  Kalau dalam dropship si pembeli sudah pasti kontak langsung ke anda untuk mengorder. Sedangkan kalau dalam affiliate, si pengunjung entah siapapun mereka yang datang dengan sendirinya saja, ke artikel website kita atau ke Youtube kita. Dan kemudian bisa dengan sendirinya mengklik link affiliate kita, serta kemudian bisa dengan sendirinya pula bertransaksi langsung dengan si vendor. Jadi dia tidak perlu harus kontak-kontakan dulu dengan kita, dan tentunya kita juga tidak berhadapan langsung dengan mereka. Jadi affiliate marketing ini memang lebih memungkinkan bagi para praktisinya, untuk bisa lebih bebas dan fleksibel tidak perlu meladeni konsumennya.

Jadi demikian penjelasan mengenai pembahasan, beberapa perbedaan mendasar antara affiliate marketing dengan dropship, yang berjudul: Perbedaan Dropship dan Affiliate Marketing, Berikut Ini Penjelasannya! . Anda bisa terus mengupdate artikel kami secara lengkap lainnya, dan tentunya bisa langsung diimplementasikan.

Sedangkan untuk mengetahui secara lebih lengkapnya, bisa melalui link Pembicara Online Marketing. Untuk anda yang membutuhkan pengajaran langsung dengan seorang Digital Marketing, serta memiliki pengalaman sebagai Trainer Digital Marketing, juga sebagai Private Coach Digital Marketing, silahkan menghubungi Admin kami melalui WA di: 0813 8154 6943.

error: Content is protected !!
Dapatkan GRATIS !
14 Video Tutorial Membuat Website dengan Cepat!
Tanpa Butuh Skill IT Coding!

Isi Email dan Nama Anda di Bawah Ini.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Andreas Agung will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.