fbpx

Inilah Tren Dan Algoritma Instagram 2022, Setiap Marketer Harus Tahu

Inilah Tren Dan Algoritma Instagram 2022, Setiap Marketer Harus Tahu. Silahkan anda menyimak video berikut, sampai selesai:

Simak video diatas hingga selesai.

Halo semuanya, berjumpa kembali dalam andreasagung.com. Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang Trend Instagram 2022, dan otomatis algoritma Instagram untuk tahun 2022 ini. Menurut Statista(dot)com… Statista adalah suatu platform global, penyedia data konsumen dan market. Sepanjang tahun 2021 yang lalu, Instagram adalah jajaran teratas sebagai aplikasi sosial media yang paling banyak didownload secara global. Dengan jumlah mencapai 545 juta kali didownload oleh masyarakat sepanjang setahun penuh 2021.

Fakta ini tentu saja tidak bisa diabaikan begitu saja. Entah anda adalah pemilik bisnis, baik bisnis besar maupun bisnis kecil, atau anda seorang freelance atau karyawan mungkin di bagian pemasaran, maka anda tidak bisa mengabaikan Instagram, karena kita sudah melihat sendiri potensinya, sebagai salah satu sosial media dalam jajaran teratas yang paling banyak digunakan oleh masyarakat.

Nah sekarang bagaimana kita seharusnya memanfaatkan Instagram saat ini. Oleh karena itulah, pentingnya kita memahami Trend Instagram untuk tahun 2022 ini. Ada 4 poin penting terkait Trend Instagram untuk tahun 2022 ini. Apa sajakah itu? saya akan membahasnya. Simak berikut ini.

Trend Instagram nomor 1 untuk tahun 2022 ini adalah Instagram Reels. Bagi anda yang mungkin belum tahu, Reels adalah salah satu fitur di Instagram yang diperuntukkan bagi konten video yang berdurasi pendek saja, maksimal hanya 60 detik atau 1 menit (meski akhir2 ini memang ada banyak obrolan bahwa instagram akan menambah durasi reels menjadi 90 detik atau 1,5 menit. Namun belum ada keterangan pasti dari IG terkait penambahan durasi reels ini, dan sampai dengan video ini dibuat, durasi reels masih tetap maksimal di 60 detik). Silahkan baca artikel sebelumnya: Apa Itu Traffic? Belajar Digital Marketing Dari Nol, Organic Vs Paid Traffic.

Fitur reels ini sebetulnya sudah diluncurkan oleh instagram sejak tanggal 5 agustus tahun 2020 yang lalu, awalnya bagi 50 negara, yang  bisa digunakan oleh pengguna android maupun ios. Namun memang baru bisa dipakai oleh user di Indonesia, pada bulan Juni tahun 2021 yang lalu. Fitur Reels adalah fitur unggulan di instagram. Algoritma instagram saat ini Memprioritaskan reels. Bisa anda lihat sendiri di instagram. Posisi menu reels ditempatkan paling tengah, di depan, dan sangat kelihatan, dan tentunya menjadi sangat mudah diakses bagi para pengguna instagram. 

Sama seperti halnya kita sendiri, bila ada sesuatu yang ingin, istilahnya, kita highlight atau kita utamakan, pastinya akan kita tonjolkan di depan dan sedapat mungkin paling mudah kelihatan oleh orang-orang kan? Seperti itu. Nah demikian halnya dengan fitur reels, yang saat ini dihighlight oleh instagram.

Oleh karena itu, bagi anda yang ingin memaksimalkan instagram, jangan lupa untuk membuat konten-konten reels, jadi tidak hanya konten-konten postingan seperti biasanya untuk feed, atau story, melainkan anda juga mulai berfokus untuk membangun konten-konten reels. Jadi maksudnya, ketika kita ingin memaksimalkan suatu platform, ya kita tinggal ikuti saja algoritmanya pada paltform tersebut. Seperti itu. Dan saat ini, reels adalah trend di instagram. Fitur yang diunggulkan oleh instagram.

Mengapa instagram memprioritaskan reels ini? Mengapa algoritma instagram akhirnya juga mengeluarkan fitur video-video pendek seperti ini? Dan bahkan youtube pun masuk juga ke “arena pertempuran” video-video pendek seperti ini, dengan fitur short nya. Mengapa demikian? Jawabannya, sebetulnya adalah, karena untuk menandingi TikTok.

Jadi anda sudah lihat tadi, dari data yang sudah saya paparkan di depan. Bahwa TikTok lah sesungguhnya Raja aplikasi sosial media di masa sekarang ini, yang paling banyak didownload selama setahun penuh di 2021. Dan kita tahu sendiri, TikTok adalah aplikasi dengan mengandalkan fitur utamanya yang berupa video-video pendek saja. Dan terbukti video-video pendek seperti itu sangat digemari masyarakat, nyatanya Tik Tok yang paling banyak didownload sepanjang 2021.

Oleh karena itulah, dalam rangka agar tetap dapat kompetitif, tidak ditinggalkan para penggunanya, dan tidak kalah bersaing dari TikTok, maka instagram juga mengeluarkan fitur video pendek, yaitu Reels. Seperti itu. Dan sejauh ini terbukti cukup efektif, instagram tidak ditinggalkan oleh penggunanya yang lalu misalnya berbondong-bondong pindah ke tiktok. Tidak seperti itu. Instagram masih tetap dalam jajaran teratas aplikasi sosial media yang paling digemari oleh masyarakat. Jadi trend instagram yang kita bahas pertama, mengenai reels.

Nah sekarang adalah trend instagram yang kedua, yaitu : instagram sebagai sumber organic traffic. By the way, bagi anda yang belum tahu apa itu organic traffic, silakan anda bisa menyimak video saya yang tentang penjelasan Traffic ya. Anda masuk saja ke playlist strategi digital marketing dalam channel ini untuk menemukan video tersebut.

Oke next, jadi apa maksudnya instagram sebagai sumber organic traffic. Yang saya maksud disini adalah bahwa instagram saat ini mengeluarkan fitur Stiker “Link” pada menu Story nya. Jadi kalau anda membuat story di instagram, anda sekarang bisa menggunakan fitur Link. Dengan fitur link ini, jadinya anda bisa menyisipkan link website atau toko online anda, atau link apapun. Dengan demikian anda bisa mendapatkan Traffic atau pengunjung dari instagram ke website atau ke toko online anda. Seperti itu. Jadi, anda bisa memanfaatkan fitur Link ini ketika anda membuat Story di Instagram, untuk bisa mendapatkan pengunjung ke website atau ke toko online anda, dan sebagainya. Karena sekarang memang sudah bisa. Sudah disediakan oleh instagram.

Nah pertanyaannya, memangnya dulu gak bisa? Memangnya dulu gak ada fitur link ini? Jawabannya adalah, dari dulu sudah ada, namun tidak berbentuk Stiker seperti sekarang, dulu itu anda hanya harus swipe up layar HP anda agar story anda bisa disisipi link. Namun, dulu, fitur link ini hanya bisa digunakan oleh mereka yang sudah punya setidaknya 10 ribu followers. Jadi bagi para pengguna instagram yang followersnya masih sedikit, di bawah 10 ribu, tidak bisa menggunakan fitur link ini. IG masih menutupnya.

Tapi algoritma instagram yang sekarang, fitur link ini dibuka untuk semua pengguna instagram. Tidak ada syarat minimal followers. Oleh karena itu, fitur ini akan sangat membantu bagi mereka para pebisnis kecil atau para kreator kecil, supaya juga bisa mendapatkan organic Traffic dari instagram ke website mereka, atau ke toko online mereka, maupun ke berbagai lapak jualan mereka. Jadi akan sangat membantu bagi para brand kecil.

Inilah Tren Dan Algoritma Instagram 2022, Setiap Marketer Harus Tahu

Inilah Tren Dan Algoritma Instagram 2022 Setiap Marketer Harus Tahu

Oke itu tadi tentang organic traffic dari instagram. Nah sekarang untuk Trend nomor 3, yaitu, adalah, Instagram Shopping. Instagram Shopping, secara sederhana definisinya adalah toko online anda di instagram, yang berisi katalog produk anda. Dan para pengguna instagram, bisa belanja di toko online anda ini. Instagram Shopping ini juga merupakan salah satu fitur utama di Instagram, yang popularitasnya juga terus menanjak, seiring dengan semakin maraknya juga Social Commerce, atau perdagangan yang dijalankan melalui sosial media, terutama sekali bagi kalangan generasi Z.

Generasi Z, berdasarkan Teori Generasi atau Generation Theory, yang dikemukakan oleh Graeme Codrington dan Sue Grant Marshal, maksudnya adalah generasi yang lahir di sekitar tahun 1996 sampai 2010an. Generasi Z ini sering juga disebut sebagai iGeneration, atau GenerasiNet, atau Generasi Internet, yang mana memang ciri khas dari generasi ini adalah sangat familiar dengan gadget digital, internet dan sosial media. Dan memang yang namanya generasi Z ini juga sudah terbiasa dalam menjalankan Social Commerce. Mereka tinggal menggunakan smartphonenya saja, lalu membuka-buka sosial media, dan termasuk pastinya menggunakan instagram, lalu mereka melakukan proses jual beli disana.     

Dengan demikian, fitur instagram shopping tidak bisa anda kesampingkan bila anda menjalankan Bisnis di era sekarang ini. Ada beberapa syarat terkait instagram shopping yang sebaiknya anda ketahui, yaitu : 

1.Instagram shopping hanya diperuntukkan untuk berjualan produk fisik. (misalnya : berjualan baju, sepatu, jam tangan, dll) produk fisik. Jadi tidak untuk berjualan jasa ya.

2. Akun instagram yang  anda gunakan haruslah akun instagram business. Jadi kalau akun IG anda masih akun IG personal, maka wajib anda ubah dulu menjadi akun IG business.

3. Anda wajib memiliki website terlebih dahulu. Jadi nanti pengguna IG itu mengklik foto produknya di katalog anda di instagram shopping, lalu akan langsung diarahkan ke website, untuk proses checkoutnya adalah langsung di website anda. Seperti itu. Jadi anda wajib punya website dulu.

4. Anda wajib memiliki halaman di Facebook dulu, atau Facebook Page. Jadi nanti Facebook Page ini anda koneksikan dengan Instagram anda. Seperti itu.

Oke, jadi itu ya tentang Instagram Shopping.

Nah kemudian, trend instagram yang nomor 4, adalah : Konten Livestream.

Jadi, bagi anda yang ingin memaksimalkan instagram, jangan lupa juga untuk mulai melakukan livestream atau siaran langsung di instagram anda. Membuat konten livestream atau siaran langsung, adalah suatu trend yang akan semakin jamak dilakukan di era sekarang ini, dan ke depannya.

Welcome to the golden age of live video. Konten livestream sangat berguna untuk meningkatkan engagement atau interaksi anda dengan para pemirsa anda. Dan anda juga jadi bisa semakin terkoneksi dengan para pemirsa anda secara real time. Untuk tambahan informasi, bagi anda yang membutuhkan Pembicara Digital Marketing atau Trainer Digital Marketing, silahkan bisa menghubungi Admin melalui WA di: 0813 8154 6943.

Dan lagipula, para penonton juga menyukai siaran langsung karena sifatnya yang bisa lebih personal, manusiawi dan natural, jadi mereka bisa melihat anda (atau bisnis anda ya) kondisinya secara langsung. Dan orang-orang itu juga menyukai hal yang otentik, asli, tidak banyak settingan. Kalau siaran langsung kan, ya sudah, memang demikian adanya, memang demikian kondisi sebenarnya, pada saat itu juga. Jadi terasa natural, manusiawi, para pemirsa juga jadi merasa lebih dekat dengan anda, karena melihat langsung, saat itu juga. Real time. Jadi itulah positifnya melakukan livestream.

Apalagi berdasarkan Data yang ditulis oleh findstack(dot)com, yang menulis tentang live streaming statistics, bahkan hingga 80% pemirsa lebih menyukai konten video siaran langsung dari suatu brand, ketimbang mereka harus membaca postingan blog dari brand tersebut. Jadi, jangan lupa untuk menjalankan livestream juga, bila anda ingin memaksimalkan instagram.

Oke.. Jadi demikian ya, 4 Trend penting instagram untuk tahun 2022 ini. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Bagi anda yang ingin terus mengupdate skill tentang Digital Marketing, silahkan anda miliki Buku Digital The Fundamental Of Digital Marketing. Ini merupakan karya dari Andreas Agung yang telah memiliki pengalaman sebagai Digital Marketer. Buku ini bisa anda dapatkan dengan mudah, karena toko buku Gramedia di seluruh Indonesia menyediakannya. Selain itu, buku tersebut sudah seringkali masuk pada daftar buku Best Seller dan menjadi salah satu buku yang direkomendasikan bagi para pebisnis pemula. Inilah Tren Dan Algoritma Instagram 2022, Setiap Marketer Harus Tahu.

error: Content is protected !!
Dapatkan GRATIS !
14 Video Tutorial Membuat Website dengan Cepat!
Tanpa Butuh Skill IT Coding!

Isi Email dan Nama Anda di Bawah Ini.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Andreas Agung will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.