fbpx

Apa Itu Traffic? Belajar Digital Marketing Dari Nol, Organic Vs Paid Traffic

Apa Itu Traffic? Belajar Digital Marketing Dari Nol, Organic Vs Paid Traffic. Simak video kami berikut ini sampai selesai:

Silahkan disimak video tersebut sampai habis.

Halo semuanya, berjumpa kembali dalam andreasagung.com. Pada artikel kali ini, saya akan kembali membahas tentang konsep fundamental dalam dunia Digital marketing, yakni tentang Traffic. Jadi apa itu Traffic, artinya Traffic, dan tentunya segala macam hal pembahasan tentang teori Traffic ini. Sebelum saya memulai materi ini, sebaiknya anda sudah membaca artikel sebelumnya, yang tentang 3 langkah fundamental digital marketing. Dalam artikel tersebut saya sudah menyinggung sedikit perihal Traffic.

Jadi Traffic dalam dunia Digital Marketing, itu artinya adalah Lalu Lintas Kunjungan, atau gampangnya adalah Pengunjung. Pengunjung yang datang ke dalam Bisnis anda. Itu artinya Traffic. Jadi misalnya anda punya sebuah toko. Toko offline atau toko fisik. Toko baju misalnya, di suatu pinggir jalan tertentu. Nah sebagai pemilik toko, tentunya anda harus berusaha agar toko anda tersebut bisa ramai pengunjung kan? Karena dengan toko anda itu ramai pengunjungnya, maka peluang anda akan bisa menjadi lebih besar lagi untuk dapat menghasilkan closing penjualan.

Bayangkan hal sebaliknya, kalau anda punya toko, tapi toko anda itu sepi, tidak ada pengunjungnya, siapa yang beli. Yang ada nanti malah anda bisa bangkrut, karena tokonya sepi. Tidak ada pembeli. Nah maka dari itu, anda sebagai Pemilik bisnis, tentunya tugas utama anda adalah bagaimana membuat toko anda itu ramai pengunjung, agar bisa tercipta banyak penjualan.  Jadi itulah pengertian Traffic, yakni pengunjung yang datang ke dalam bisnis anda. 

Sehingga mendatangkan Traffic memang menjadi tugas utama, kerjaan sehari-harinya, serta tujuan utama dari setiap Digital Marketer atau para Pemasar Digital. Karena tanpa Traffic bisnis akan mati. Nah dalam dunia Digital Marketing, Traffic itu dibagi menjadi dua, yakni Organic Traffic dan Paid Traffic. Apa itu ? silahkan baca juga artikel sebelumnya: Cara Cepat Membuat Tanda Tangan Digital Dengan Remove Bg.

Jadi anda sudah tahu ya, tugas utama anda sebagai Digital Marketer adalah anda mendatangkan Traffic sebanyak-banyaknya ke Bisnis anda. Bisa bisnis offline atau bisnis online. Jadi tugas utama digital marketer adalah mendatangkan Traffic ke toko atau lapak jualannya. Bisa toko fisiknya, atau website, toko online, dan semacamnya. Jadi sumber datangnya para pengunjung ini darimana. Para pengunjung ini bisa berasal dari FB, Google, WhatsApp, dan lain-lain. Jadi yang namanya FB, Google, WhatsApp, TikTok, dll, Itulah Traffic Source ya, sumber Traffic, sumber datangnya pengunjung bagi bisnis anda.  

Lalu dalam dunia digital marketing, metode untuk mendapatkan Traffic ini bisa dibagi menjadi dua cara ya, yakni secara Organic atau Paid. 

Organic Traffic artinya adalah Traffic yang anda dapatkan secara Gratis, alias anda bisa bebas melakukan kegiatan promosi tanpa perlu membayar iklan kepada platform tertentu. Contoh misalnya anda berpromosi di sosial media, anda memposting status jualan anda di berbagai sosial media yang anda punya, misalnya di FB, IG, WhatsApp, Tik Tok, dsb. Kegiatan anda posting-posting status di sosial media anda gratis, anda tidak dipungut bayaran dalam menggunakan sosial media tsb. Nah Traffic atau pengunjung yang anda dapatkan secara Gratis seperti itu, itulah yang disebut sebagai organic traffic. 

Contohnya seperti ini. Jadi anda posting2 konten di sosmed anda, misalnya ini di FB. Gratis kan anda posting2 konten di akun sosmed anda ini. Nah kemudian postingan ini diketahui oleh teman2 anda atau followers anda, lalu kemudian mereka masuk ke website anda atau ke lapak jualan anda lah ya pokoknya. Nah para pengunjung yang anda dapatkan ini, inilah yg disebut sebagai organic traffic, alias traffic yang didapatkan secara Gratis, ya.

Sedangkan Paid Traffic adalah Traffic, yang anda dapatkan dengan cara Iklan berbayar atau menggunakan Ads (tulisannya A-d-s ya, dibacanya Ads, jadi maksudnya advertising atau advertisement, yang artinya adalah iklan berbayar). Jadi misalnya anda menggunakan sosial media, misalnya Facebook, namun bukan semata melakukan promosi gratis di FB, bukan sekedar memposting status jualan anda di FB tersebut secara gratis, seperti di contoh sebelumnya, melainkan anda menggunakan FB Ads misalnya. Fitur periklanan di FB. Jadi anda membayar ke si FB, lalu si FB akan menyebarluaskan konten anda ke banyak pengguna FB yang lain, yang merupakan target iklan anda. Dengan demikian, dengan menggunakan fitur Ads yang berbayar ini, bisnis anda akan bisa diketahui lebih banyak orang lagi. Bisnis anda akan bisa menjangkau lebih banyak orang lagi dalam waktu yang relatif lebih singkat. Seperti itu.

Apa Itu Traffic? Belajar Digital Marketing Dari Nol, Organic Vs Paid Traffic

Apa Itu Traffic Belajar Digital Marketing Dari Nol Organic Vs Paid Traffic

Contohnya paid traffic misalnya seperti ini ya. Ini adalah menggunakan facebook ads, dengan ciri khasnya terdapat tulisan “sponsored” seperti ini ya, atau “bersponsor” kalau bahasa indonesianya. Maksudnya adalah, anda membayar ke si FB, lalu si FB akan menyebarluaskan konten anda ini ke banyak pengguna FB yang lain, yang merupakan target iklan anda. Dengan demikian, dengan menggunakan fitur Ads yang berbayar ini, bisnis anda akan bisa diketahui lebih banyak orang lagi, bukan semata hanya diketahui teman2 anda saja. Kalau kemudian mereka mengklik gambar konten ini, mereka akan langsung diarahkan masuk ke website anda, atau ke lapak jualan anda, dengan demikian anda mendapatkan banyak Traffic.

Jadi itu ya pengertian dari Paid Traffic, yakni Traffic atau pengunjung yang anda dapatkan dari Iklan berbayar. Dan tentunya masing-masing saling melengkapi, karena keduanya ada plus minusnya.

Kalau anda menggunakan yang organic, kelebihannya adalah gratis, anda tidak perlu mengeluarkan biaya iklan. Namun kekurangannya adalah, jangkauan konten anda akan sangat terbatas. Ketika anda memposting sesuatu atau suatu status, paling hanya diketahui oleh teman-teman anda saja atau follower anda saja.

Sedangkan kalau anda menggunakan yang Paid, kekurangannya adalah metode ini tidak gratis, anda perlu mengeluarkan biaya iklan. Namun kelebihannya adalah jangkauan konten anda bisa lebih luas lagi. Konten anda itu bisa secara luas langsung diketahui oleh banyak orang lain, bukan semata hanya diketahui para teman atau followers anda saja. Dan dengan demikian menjadi lebih cepat juga bisnis anda itu bisa diketahui oleh banyak orang, ketimbang anda hanya menggunakan cara-cara yang organic. 

Namun demikian, bukan berarti cara-cara organic tidak diperlukan. Cara-cara organic, yakni selalu memposting konten ke sosial media anda, justru wajib untuk selalu dilakukan secara rutin setiap harinya. Karena metode organic juga sangat berguna, yakni untuk maintain atau merawat para followers anda. Jadi teman2 anda di sosmed, atau para followers anda, tetap bisa mengikuti perkembangan anda, tetap bisa melihat sesuatu yang bermanfaat dari anda, ya karena akun anda aktif, rajin dan konsisten memposting konten-konten. 

Coba kalau kebalikannya, anda tidak pernah posting konten, atau jarang2 posting konten, itu berarti akun anda tidak aktif. Kalau tidak aktif, justru orang-orang malah akan unfollow anda, alias malah mereka akan berhenti mengikuti anda. Bahkan tahu keberadaan anda juga tidak, ya karena anda tidak aktif, anda tidak eksis. Jadi teruslah memposting konten secara rajin dan konsisten ya.

Dan kegiatan memposting konten secara konsisten ini, justru merupakan gerbang utama bagi anda untuk menambah followers baru dan meningkatkan jumlah followers. 

Disamping anda menggunakan cara organic tersebut, sesekali anda bisa memanfaatkan paid traffic, tentunya tergantung kesediaan budget anda. Sesekali anda bisa memanfaatkan paid traffic untuk memperluas jangkauan bisnis anda dalam waktu yang relatif cepat. Apalagi misalnya anda mau ada event-event khusus, misalnya anda mau ada launching produk baru misalnya, atau anda mau ada cuci gudang, mau ada promo diskon, dsb, kegiatan-kegiatan apapun, nah anda bisa lebih cepat menyebarluaskan pengumuman tersebut dengan paid traffic, sehingga bisa cepat, bisa banyak orang yang tahu, ketimbang anda hanya memposting secara organic saja, yang tahu nanti hanya circle teman-teman anda saja.

Jadi demikian ya artikel penjelasan mengenai Traffic dalam Digital Marketing. Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda semua. Dan bagi anda yang ingin mendapatkan lebih lengkapnya, ataupun anda yang membutuhkan seseorang yang pastinya telah memiliki pengalaman sebagai Digital Marketer, dan ingin mengundang beliau sebagai Pembicara Digital Marketing, silakan juga menghubungi admin melalui nomor WA di: 0813 8154 6943.

Namun bagi anda yang saat ini ingin memiliki konten youtube yang pastinya sekarang ini sudah mulai banyak digandrungi oleh berbagai kalangan usia. Dengan banyaknya masyarakat yang bisa mengakses internet, tentu peluang untuk menjadi seorang konten kreator / youtuber semakin terbuka. Ada beberapa Peralatan Youtuber yang arus anda miliki, dengan harapan untuk menyupport hasil video anda yang nantinya akan di posting ke youtube pribadi anda, antara lain seperti: Kamera, Laptop, Smartpone, Microphone, Lighting / Softbox, Green Screen, Tripod, dan lain sebagainya. Apa Itu Traffic? Belajar Digital Marketing Dari Nol, Organic Vs Paid Traffic.

error: Content is protected !!
Dapatkan GRATIS !
14 Video Tutorial Membuat Website dengan Cepat!
Tanpa Butuh Skill IT Coding!

Isi Email dan Nama Anda di Bawah Ini.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Andreas Agung will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.