fbpx

Gua Maria Tritis Gunung Kidul Jogja Sangat Menakjubkan

Gua Maria Tritis Gunung Kidul Jogja Sangat Menakjubkan

Gua Maria Tritis Gunung Kidul Jogja Sangat Menakjubkan – Pada tanggal 2 Januari 2018, saya berkesempatan untuk berziarah ke Gua Maria Tritis, di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Gua Maria ini sangat Luar Biasa, karena berlokasi di Gua Sungguhan, di sebuah Perbukitan Karst, dengan Batu-Batu Alamnya yang Natural dan Besar-Besar, Batu-Batu yang menggantung, Stalagtit-Stalagtit.. Dan mata air – mata air di dalamnya.

Menjadi sebuah Tempat yang berhawa Sejuk dan Damai, dan bernuansa meditatif yang kental. Sungguhlah menjadi tempat berziarah (atau tempat rehat sejenak untuk Pertapaan) yang sangat Tepat.

Sebelum bercerita lebih lanjut, silakan yuk simak Videonya berikut ini 🙂

Gua Maria Tritis Gunung Kidul Jogja Sangat Menakjubkan

Gua Maria Tritis berlokasi di Paroki St. Petrus Kanisius, Dusun Bulu, Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul – Wonosari , DIY. Kendaraan anda diparkir di bawah, lalu akan ada Pemandu yang menghampiri anda, menuntun jalan anda menuju ke Lokasi Gua (Bila anda baru pertama kali ke Gua ini, agar menggunakan Jasa pemandu. Bila tidak, anda bisa tersasar, karena anda masuk ke area hutan dan perbukitan yang memiliki banyak simpang jalan)

Jarak dari tempat parkir ke lokasi Goa saya perkirakan 1 Km dengan berjalan kaki, naik-turun. Kendaraan memang tidak diperkenankan melintas. Kendaraann hanya boleh sampai tempat parkir di bawah. Jangan lupa untuk membeli lilin dulu di bawah.

Tetapi memang Gua Maria yang masih Alami ini sangatlah menakjubkan (paling tidak menurut saya) apabila dibandingkan dengan Gua Maria lainnya. Karena lokasinya yang berada di dalam Goa sungguhan, dengan batu-batu besarnya yang Natural. Susananya pun sejuk-damai, cocok sekali untuk meditasi dan berdoa. Baca juga : Daftar Gua Maria di Indonesia

Gua Maria Tritis Gunung Kidul Jogja Sangat Menakjubkan

Menurut cerita yang saya dengar, Gua Maria Tritis ini mulai dikenal umat Katolik sekitar tahun 1974. Awalnya, Goa ini ditemukan seorang siswa SD Sanjaya Giring. Penemuan ini lalu dilaporkan ke Romo Al. Hardjosudarmo, SJ. Sejak saat itu, dimulailah usaha untuk mengembangkan gua alami ini menjadi tempat ziarah.

Konon awalnya, Gua Tritis adalah tempat yang angker. Gua ini dulunya adalah tempat para pertapa untuk mencari ilmu kanuragan. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, ada beberapa pangeran Kerajaan Mataram pernah bertapa di tempat ini, bahkan seorang pangeran mendapatkan wahyu Keraton Mataram. Karena angkernya inilah, Goa ini nyaris tidak terjamah oleh masyarakat umum. Citra angker ini sedikit demi sedikit mulai berubah setelah Gua ini ditemukan. Karena keindahan gua ini, ada ide untuk menjadikannya sebagai tempat doa. Mulai saat itulah, gua ini tidak lagi menjadi tempat untuk bertapa mencari ilmu kanuragan, melainkan menjadi tempat untuk membangun Relasi dengan Tuhan Sang Pencipta.

Demikianlah tentang Gua Maria Tritis Gunung Kidul Jogja Sangat Menakjubkan . Bagi anda yang ingin berziarah ke area Yogyakarta, Gua ini sangat direkomendasikan untuk didatangi karena keindahan dan keunikannya.

Baca juga : Gua Maria Bukit Kanada Rangkas Bitung Banten

Gua Maria Sendangsono Jogja Tempat Ziarah Favorit

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat

Yuk Daftar FREE MEMBER !

GRATIS Tutorial Digital Marketing hingga 2 Tahun dan Grup Telegram Seumur Hidup!

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Andreas Agung will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.