fbpx

Gua Maria Sendangsono Jogja Tempat Ziarah Favorit

Gua Maria Sendangsono Jogja Tempat Ziarah Favorit

Gua Maria Sendangsono Jogja Tempat Ziarah Favorit bagi umat Katolik di Indonesia – Bagi anda umat Katolik, pastinya sudah pernah mengunjungi, atau mengetahui, atau paling tidak sudah pernah mendengar, mengenai keberadaan Tempat Ziarah populer Gua Maria Sendangsono yang terletak di Yogyakarta. Lebih tepatnya berlokasi di desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo. Sebetulnya tidak begitu jauh dari tempat wisata Legendaris Candi Borobudur.

Saya sendiri sudah cukup sering berziarah ke Sendangsono ini, apalagi saya dulu hidup dan berkuliah di Yogyakarta (di Universitas Sanata Dharma, selama kurang lebih 4,5 tahun, dari 2002 s.d 2006 ), sehingga tentunya tidak asing lagi dengan Sendangsono ini 🙂 Yuk kita simak dulu videonya mengenai Goa Maria ini…

Video I :

Video II :

Gua Maria Sendangsono Jogja Tempat Ziarah Favorit

Terakhir kali saya mengunjungi Sendangsono adalah bertepatan pada Hari Raya Jumat Agung, tanggal 3 April 2015. Dan di tahun 2017 ini, karena saya tinggal di Jakarta dan Tangerang, dan memiliki banyak aktivitas, sehingga saya belum sempat lagi untuk bepergian ke Jogja… Paling saya ziarahnya ke Gua Maria Kanada di Rangkasbitung-Banten, yang memang secara Akses sangat lebih mudah didatangi dari Jakarta ( Baca juga : Gua Maria Bukit Kanada Rangkasbitung )

Tetapi memang sepanjang pengalaman saya berziarah ke Sendangsono, baik semasa kuliah maupun sampai dengan tahun 2015 itu, saya memiliki sebuah pengalaman dan kebahagiaan batin tersendiri apabila mengunjungi Sendangsono. Yang pasti tempatnya memang sejuk, asri dan tentram.

Gua Maria Sendangsono Jogja Tempat Ziarah Favorit
Gua Maria Sendangsono Jogja

Gua Maria Sendangsono Jogja Tempat Ziarah Favorit

Berdasarkan informasi yang saya ketahui dari Wikipedia, tempat ziarah ini dinamakan Sendangsono karena tempat ini dulunya sering dikunjungi orang untuk mengambil mata air (sendang) yang muncul di antara dua pohon sono.

Catatan terkait menunjukkan bahwa tempat ini dulunya merupakan tempat pemberhentian sejenak para pejalan kaki dari kecamatan borobudur magelang ke kecamatan boro (kulon progo), dan sebaliknya. Banyak pejalan kaki yang mengunjungi tempat ini karena keberadaan mata air atau sendang tersebut.

Kalau kemudian pada akhirnya Sendangsono menjadi tempat ziarah umat Katolik, maka hal itu tidak bisa dilepaskan dari peran Romo Van Lith, SJ. Seorang Pastor Belanda yang telah lama tinggal di Pulau Jawa, dan beliau memang berperan sangat besar menyebarkan ajaran Katolik di Tanah Jawa.

Menurut wikipedia juga, Pastor Van Lith membaptis 171 orang warga setempat dengan mata air dari kedua pohon sono. Pembaptisan yang sangat bersejarah bagi gereja katolik di Jawa tersebut berlangsung pada tanggal 14 Desember 1904. Dan 25 tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 8 Desember 1929, Sendangsono resmi dijadikan tempat peziarahan bagi umat Katolik.

Gua Maria Sendangsono
Areal Gua Maria Sendangsono

Gua Maria Sendangsono
Kawasan jalan menuju Gua Maria Sendangsono

Gua Maria Sendangsono
Gua Maria Sendangsono

Dan ini adalah Kapel Tritunggal Maha Kudus di Goa Maria Sendangsono Jogja..

Goa Maria Sendangsono
Kapel di Goa Maria Sendangsono

Goa Maria Sendangsono
Goa Maria Sendangsono

So.. Bagi anda umat katolik, sempatkan untuk berziarah ke Gua Maria Sendangsono Jogja Tempat Ziarah Favorit . Tempat yang sangat sejuk dan nyaman untuk berdoa. Dan jangan lupa juga agar anda mengambil air dari mata air di tempat ziarah ini. 🙂

Baca juga : Gereja Katolik di Medan ala Kuil Hindu

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat

Yuk Daftar FREE MEMBER !

GRATIS Tutorial Digital Marketing hingga 2 Tahun dan Grup Telegram Seumur Hidup!

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Andreas Agung will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.