SEO

4 Kesalahan Mendasar Pemain SEO Website! Wajib Anda Baca!

4 Kesalahan Mendasar Pemain SEO Website! Wajib Anda Baca! Silahkan disimak video dibawah ini sampai selesai:

Tonton video hingga habis.

Halo semuanya, berjumpa kembali dalam andreasagung.com. Pada artikel ini, saya akan menjabarkan tentang 4 kesalahan fatal para pemula dalam menjalankan SEO website. Jadi bagi anda para pemula, atau bagi anda yang belum berhasil dalam menjalankan SEO website anda, Silakan anda menyimak artikel ini sampai selesai, ada banyak sekali insight penting. Oke, kita langsung saja ya, jadi yang pertama, kesalahan mendasar dalam SEO, adalah bahwa anda tidak memahami bagaimana Google bekerja .

Contoh ya, dalam SEO, kalau anda bikin artikel, itu anda harus menggunakan judul panjang atau long tail keyword. Dan saya juga sudah mengajarkannya secara lengkap, silakan anda simak juga video tersebut ya. Nah tapi, dengan cara tersebut, dari dulu sampai sekarang, ada saja yang mempertanyakan, bahkan banyak yang ngeyel. Dan kebanyakan yang mempertanyakan adalah karena dia pakai logikanya sendiri. 

Contoh : “Kenapa kita harus pakai judul panjang ? kan orang kalau cari di google dia pasti pakai keyword pendek, paling dia cuma ngetik 2 kata atau 3 kata aja. Nah kalau konten kita pakai judul yg panjang, gak sesuai dong. Gak mungkin kan orang cari di Google dengan mengetik kata-kata sepanjang itu.. “ Begitu.

Sekilas pernyataan itu kelihatannya betul, karena itu berdasarkan logika sendiri. Nah masalahnya, google bekerjanya tidak seperti itu. Kalau anda masih mengajukan pertanyaan seperti itu, ya anda ketahuan, memang belum memahami bagaimana Google bekerja. 

Oke saya berikan bukti dan penjelasannya ya.

Silakan anda buka google, lalu cari apapun deh di google, ya. Apapun. Ya memang betul, kalau kita sebagai pencari, paling kita mengetik keywordnya itu pendek aja kan ya. Paling Cuma 2 kata atau 3 kata aja kita ketik di google. Misalnya saya mau cari “cara diet” gitu ya. Misalnya, seperti ini. Memang hampir mustahil sih orang cari di google dengan kata-kata yang panjang, misalnya dia sampai ngetik 7 kata atau 8 kata gitu, hampir mustahil memang.

Anda bisa lihat sendiri yang ada di halaman 1, lihat sendiri nih, apakah ada artikel yang hanya pakai judul pendek, hanya 2 kata saja judulnya, tapi rank 1 google ?? Tidak ada dan tidak pernah ada sama sekali artikel hanya pakai judul pendek, lalu bisa rank 1 google. Kalau anda bikin artikel, lalu pakai logika anda sendiri, lalu anda pakai judulnya judul pendek saja, hanya 3 kata atau 2 kata ini, sampai kapanpun anda tidak akan naik ke rank 1 google. Jadi yang betul adalah anda harus menggunakan judul panjang. Gunakan long tail keyword, yang mengandung, keyword pendek yang dicari orang, seperti itu.

Nah gimana caranya membuat judul panjang yang benar, saya kan sudah ajarkan secara lengkap di video yang riset keyword, silakan anda tonton ya.

Jadi..,maksudnya.. judul panjang adalah agar anda memiliki judul yang memang unik, yang asli, yang memang belum pernah dipakai orang lain sebelumnya. Seperti itu. Dengan demikian artikel anda jadi punya peluang untuk dinaikkan ke rank 1 google, ketimbang kalau anda hanya menggunakan judul pendek yang tidak unik, cuma pakai 2 kata atau 3 kata saja, ya sampai kapanpun anda tidak bakalan dinaikkan ke rank 1 google. Konten anda tenggelam saja. Dan kalau anda tidak naik ke rank 1 google, ya anda juga jadinya tidak bakalan bisa dapat banyak traffic.

Dan sebagai tambahan, tentunya, selain menggunakan judul panjang yang unik, tentunya anda harus memenuhi faktor penting yang lainnya juga ya, yaitu artikel yang harus Asli dan berkualitas, minimal 500 sampai 1000 kata, pakai gambar atau fotonya yang asli, jangan ambil gambar yang sudah ada di google, dan lain-lain. Silakan bisa anda simak di video saya yang tentang SEO, yang pertama, dan terus simak video-video lanjutannya. Disana saya sudah panjang lebar mengajarkan. Makanya biasakan anda juga menyimak itu sampai habis ya. Dan kalau perlu anda tontonnya berulang-ulang kali, kalau memang belum paham.

Oke, jadi itu ya, anda tidak usah khawatir dengan orang-orang yang mencarinya pakai keyword pendek saja. Ya memang begitu. Namun ya Anda tetap saja, kalau bikin artikel, buatlah dengan judul panjang yang unik, yang mengandung keyword pendek yang dicari orang, seperti itu. Karena kalau anda bikin kontennya hanya dengan judul pendek saja, pakai judulnya 2 kata atau 3 kata aja, ya malah akan jadi konten tenggelam, sampai kapanpun tidak akan dinaikkan oleh Google..

Jadi itu ya, kesalahan mendasar yang pertama, jadi belum memahami bagaimana google bekerja. Terutama yang paling sering ditanyakan adalah berkaitan dengan penggunaan judul panjang tadi, sudah saya jelasin ya. Simak artikel sebelumnya: Trainer Workshop Digital Marketing Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) Depok

Nah lalu, kesalahan mendasar yang kedua, yaitu : tidak menjalankan langkah-langkah optimasi dengan benar. Jadi dalam SEO kan, seperti tadi yang sudah saya singgung juga di poin satu tadi, yaitu anda harus membuat artikel yang Asli dan berkualitas, secara konsisten, jadi jangan sekedar copas tulisannya orang lain. Lalu juga gambar atau fotonya, harus asli dari jepretan sendiri atau dari hasil desain sendiri, jangan ambil gambar yang sudah ada di google. Kalau tinggal ambil dari google, gambar anda itu tidak bakalan terindeks di google image, dan tidak bakalan naik juga di google image. Dan sebagainya, berbagai langkah-langkah optimasi yang lain, seperti memberikan internal link, outbond link, dan lain-lain.

Dan saya juga sudah mengajarkan dengan lengkap berbagai langkah optimasinya tersebut ya, silakan bisa anda tonton juga video-videonya tersebut sampai habis.

Namun para pemula banyak juga yang masih salah atau abai dengan langkah-langkah optimasi ini, bahkan mungkin menganggap remeh. Contoh, misalnya, bikin artikelnya itu asal-asalan, yang penting asal jadi, tidak peduli itu berguna atau tidak bagi pembaca. Yang penting sudah diisi websitenya. Dan bahkan mungkin tinggal copas artikelnya orang lain. Kalau hanya seperti ini yang anda lakukan, ini namanya, dalam istilah Google ya, adalah Thin Content, atau konten yang tipis, miskin, minim kualitasnya. Atau gampangnya ya, konten sampah lah yang anda bikin. 

Nah kalau anda cuma membuat konten-konten sampah, berguna juga tidak buat pembaca, ya jangan harap web anda itu disayang sama google. Jangan harap bakal dinaikkan ke ranking satunya.

Jadi gini ya alur mendasarnya, harus selalu saya kasih tahu ini, supaya anda paham. Jadi, google itu kan perusahaan swasta, yang dia buat adalah mesin pencarian di internet untuk masyarakat, ya kan. Nah sebagai perusahaan swasta, tentu dia tidak mau dong produknya itu mengecewakan penggunanya. 

Makanya, ketika ada penggunanya, yang melakukan pencarian di google, ya tentu si Google akan memberikan konten-konten yang terbaik untuk si penggunanya itu. Seperti itu. Ya tentu demi nama baik dan kredibilitas si Google sendiri di mata masyarakat. Bahwa google adalah mesin pencari yang bagus dan dapat terus diandalkan oleh masyarakat. Jadi ya, demi krebilitasnya itu, tentunya si google tidak maulah menyodorkan konten-konten sampah kepada para penggunanya itu. Begitu. 

Makanya, sekarang, kalau anda adalah di pihak yang membuat konten, ya buatlah artikel-artikel yang Asli dan Berkualitas, ini kan yang selalu saya bilang kalau bicara soal SEO. Buatlah artikel-artikel yang berguna, yang punya value, yang bermanfaat bagi para pembaca. Jadi web anda itu otomatis disayang sama Google, karena memang bermanfaat banget juga bagi si Google, jadi kalau ada pengguna yang nyari.. nah si Google bisa kasihkan. 

“Nah ini nih, konten bagus nih, pantes banget nih, ini nih yang bagus untuk saya kasihkan kepada para pengguna saya” Seperti itu..

Oke, jadi itu ya, jangan abai dan menganggap remeh langkah optimasi. Selalu, buatlah konten yang terbaik, supaya web anda disayang google, konten-konten anda juga selalu jadi andalannya si google,  untuk dapat selalu dia kasihkan kepada para pencarinya. 

Kemudian, kesalahan mendasar nomor 3, yaitu : Tidak Konsisten. Nah ini nih, ini saya taruh di poin nomor 3, tapi sebetulnya inilah penyakit utamanya setiap digital marketer yang belum berhasil, yakni Tidak Konsisten. Tidak adanya Konsistensi dalam membuat konten.

Jadi, Konsisten.. itu adalah salah satu faktor utama kalau anda ingin berhasil dalam digital marketing, apalagi dalam SEO.

Kalau anda ingin berhasil dalam SEO, anda harus konsisten membuat artikel2 yang asli dan berkualitas di dalam website anda itu. Terus saja bikin artikel. Setidaknya dalam sehari anda posting 1 artikel yang teroptimasi. Ini juga kan sudah saya sampaikan dalam video SEO saya yang pertama. Mengapa kok web saya bisa langgeng ada di rank 1 Google dalam waktu yang sangat lama, ya karena saya selalu konsisten memposting artikel, hingga detik ini. Dan juga mengupdate kembali artikel-artikel yang sudah lama. Jadi artikel-artikel yg sudah lama nih, diupdate lagi, dilengkapi lagi, agar menjadi relevan dengan kondisi yang sekarang, seperti itu.

4 Kesalahan Mendasar Pemain SEO Website! Wajib Anda Baca!

4 Kesalahan Mendasar Pemain SEO Website Wajib Anda Baca

“Wah kalau gitu, SEO itu berat ya” Lah yang bilang SEO itu ringan siapa. Memang faktanya SEO itu Anda harus effort banget. Anda harus konsisten membuat Artikel. 

Kalau misalnya saya tidak bisa nulis gimana? Ini juga sudah saya sampaikan. Anda bisa membeli artikel dari para content writer atau jasa penulis artikel. Anda tinggal googling untuk mencari jasa penulis artikel. Jadi anda bisa membeli artikel ya dari para content writer. Membeli artikel, atau menggunakan jasa content writer adalah hal yang sudah sangat lumrah dilakukan oleh para pemilik website atau para pemain SEO. Ya itu, untuk memenuhi kebutuhan website, yang memang perlu secara rutin diisi artikel2 yang asli dan berkualitas.

Jadi memang, kalau memang anda sudah ingin berkecimpung dalam SEO, anda mulai harus siapkan mental anda, bahwa SEO itu adalah LONG RUN. Tidak bisa instan, tidak bisa cepat. Sangat butuh Ketekunan dan Konsistensi dari anda dalam membuat konten-konten yang Asli dan Berkualitas.

Tapi memang, kalau Webnya sudah berhasil ranking 1 google, apalagi di berbagai kata kunci pencarian, itu memang enak banget ya. Anda tidak usah lagi capek-capek beriklan, anda tidak usah lagi bingung-bingung cari calon pembeli dimana, lha mereka yang akan datang sendiri, setiap harinya mereka datang sendiri, secara otomatis saja. Karena kan mereka sendiri yang nyari di Google, lalu selalu ketemunya website anda atau artikel-artikel anda. Seperti itu. Jadi memang enak banget ya kalau sudah rank 1 google.  

Jadi ya sepadan lah dengan usahanya. Usahanya kan memang tidak ringan. Memang harus effort banget, dan untuk long run. Gak bisa instan. Jadi ya, untuk suatu hasil yang enak tersebut, ya sepadan lah dengan usahanya, yang memang tidak ringan.

Jadi itu ya, kesalahan mendasar dari banyak digital marketer, yaitu tidak adanya konsistensi. Tapi banyak juga yang tidak memahami hal-hal fundamental seperti ini. Ketika gak berhasil dia kemudian nyalahi platformnya lah, nyalahi ini, nyalahi itu, dibilang tidak work lah, ini tidak work lah.. Bukannya tidak work, tapi dari andanya yang tidak ada ketekunan dan konsistensi. 

Coba sekarang cek, artikel anda sudah berapa ? dipostingnya rutin tidak? Langkah-langkah optimasinya sudah betul belum ? tulisannya bener asli ? gambarnya bener asli ? dan sebagainya. Begitu dicek, yah ternyata baru bikin 1-2 artikel, itu juga lalu udahan, berhenti, kapok. Ya kalau kayak gini gimana websitenya mau disayang Google? Lha boro-boro disayang, dikenal saja tidak. Ya karena websitenya aja tidak aktif… Begitu.    

Oke, jadi itu ya, kesalahan fundamental yang nomor 3 di daftar ini, tidak adanya konsistensi.

Nah lalu kesalahan mendasar nomor 4 dalam SEO, yaitu : Inginnya cepat dan hasil Instan. Nah ini, ini juga kesalahan fundamental yang banyak sekali belum dipahami oleh para digital marketer, terutama yang masih pemula ya. Kunjungi: Trainer Digital Marketing

Jadi, seperti yang sudah saya singgung juga dalam poin nomor 3 tadi, SEO itu tidak bisa instan. Hasilnya itu tidak bisa cepat. Setidaknya ya, ini estimasi, anda membutuhkan waktu hingga 6 bulan, agar website anda itu bisa naik. Ini estimasi, bisa lebih cepat, bisa juga lebih lama. Bahkan banyak juga yang hingga tahunan baru bisa naik. Jadi memang ini sifatnya estimasi, tidak ada siapapun yang bisa memastikan, kecuali Google sendiri yang tahu.

Banyak pemula yang belum paham tentang hal ini, dipikirnya itu, SEO itu ada suatu trik, diapain begitu webnya, terus langsung bisa cepat, bisa langsung naik ke rank 1 google. Tidak begitu. Tidak bisa instan. Perlu berbulan-bulan bahkan hingga tahunan.

Ini kita bicara dalam konteks SEO yang benar ya, yang memang aman untuk website anda. Jadi ya seperti yang sudah saya sampaikan berulang-ulang, anda harus secara Konsisten memposting Artikel-Artikel yang Asli dan Berkualitas di website anda itu. Yang memiliki Value dan Bermanfaat bagi para pembaca. Dengan demikian website anda akan selalu aktif, dengan begitu dipandang bagus oleh search engine. Kalau sudah dipandang bagus, ya sudah, akan selalu direkomendasikan bagi para pencarinya. Seperti itu.

Dan kalaupun anda mau Backlink, Backlink juga gak bisa terlalu cepat, karena justru akan melukai website anda nanti. Kalau mau menjalankan Backlink, seminimalnya 3 bulan lah setelah website anda selesai dibuat. Jadi anda sudah membuat dulu konten-konten internal yang bagus, sudah mendapatkan traffic, sudah mulai dikenal masyarakat, nah silakan kalau anda mau backlink, dari media ini, dari media itu, dan lain-lain. Dengan demikian web anda tetap aman di mata google. Jadi backlink juga gak boleh terlalu cepat, justru akan melukai website anda nanti, malah akan menjatuhkan ranking website anda. Jadi semua itu harus dijalankan secara Natural, kalau mau aman ya. Jadi Link building itu tidak boleh terlalu cepat, dan tidak boleh juga terlalu berlebihan.

Oke, jadi itu ya, SEO itu tidak bisa instan. Jadi kalau anda ingin mulai menghasilkan dari Website, pakai SEO, sejak awal tanamkan dulu di pikiran anda, bahwa ini memang “Long Run Game” , jadi memang tidak bisa cepat, tidak bisa instan. Dan anda juga sudah siap untuk tekun dan konsisten membuat Artikel.

Nah, sebetulnya sih ada solusi bagi anda yang inginnya instan, pengennya cepat ada di ranking 1 google, tapi tetap aman. Apa itu? Ya anda jangan main SEO, tapi main SEM ya, Search Engine Marketing atau Google Ads. Jadi anda tinggal bayar ke Google, langsung deh web anda akan dinaikkan ke ranking 1 nya. Jadi anda juga gak usah capek-capek bikin artikel. Jadi tinggal bayar iklan saja ke google, langsung deh naik ke ranking 1 nya, dan tetap aman juga buat website anda.

Tapi ya itu, anda harus siapkan uang. Dan misalnya, anda pasang iklannya untuk 7 hari misalnya, ya itu berarti anda bayar selama 7 hari itu, untuk anda ada di ranking 1 google. Kalau anda berhenti bayar, tidak bayar lagi, ya sudah dilepaskan lagi dari ranking 1 google. Begitu ya.

Oke, jadi itu ya, 4 kesalahan mendasar bagi para pemain SEO, jangan anda ulangi lagi ya. Jika anda ingin mendapatkan atau membutuhkan  seorang Digital Marketing Trainer, dengan pengalaman yang tentunya tidak perlu diragukan. Silakan menghubungi langsung ke admin kami melalui WA/Telp di nomor: 0813 8154 6943. 4 Kesalahan Mendasar Pemain SEO Website! Wajib Anda Baca!.

error: Content is protected !!